Kamis, 04 November 2010

Sinopsis Ip Man




Anda pasti mengenal siapa Bruce Lee, aktor legendaris yang juga ahli kungfu. Di balik sebuah nama besar, biasanya ada tokoh yang sangat berperan. Nah, salah satu tokoh yang sangat berperan di belakang Bruce Lee, sudah tentu tidak lain adalah gurunya, Ip Man. Ternyata kisah mahaguru kungfu aliran Wing Chun ini juga menarik untuk diangkat ke layar lebar, yaitu film hasil garapan Wilson Yip pada tahun 2008 yang bertajuk Ip Man.
 
Kisahnya bermula di sebuah kota Foshan di China pada era 1930-an, terdapat seorang ahli kungfu bernama Ip Man (Donnie Yen) yang tinggal bersama istri dan putranya. Walau memiliki ilmu tinggi, Ip Man tidak tertarik memamerkan ilmunya dan lebih suka low profil. Walau Foshan adalah kota gudangnya para ahli kungfu dan banyak perguruan silat dibuka di sana, tetap saja Ip Man tidak tertarik menerima murid.

Namun kehidupan bahagia keluarga Ip Man harus berakhir setelah Jepang menguasai China pada tahun 1937. Hal ini berpengaruh besar pada kehidupan kota Foshan dan khususnya Ip Man yang harus kehilangan rumahnya lantaran dijadikan markas bala tentara Jepang. Ip Man yang tadinya cukup kaya kini harus menjadi buruh di sebuah tambang batu bara demi menghidupi istri dan anaknya. Di sana ia harus melihat ketidakadilan yang menimpa para buruh.

Ternyata Ip Man ahrus mengeluarkan ilmunya untuk mengalahkan para ahli bela diri Jepang yang telah membunuh para buruh lantaran sebuah kantong beras yang diperebutkan dalam ajang kungfu. Melihat kehebatan Ip Man, Jenderal Miura (Hiroyuki Ikeuchi) dari pasukan Jepang menjadi bernafsu untuk mengalahkan Ip Man di arena pertarungan. Sementara itu, Ip Man melatih para buruh pabrik kapas agar bisa menghadapi para perampok yang ternyata dipimpin seorang jago kungfu yang pernah dikalahkan Ip Man di masa lalu.

Akankah Ip Man dan Jenderal Miura bertemu di atas arena tarung? Apa yang akan terjadi pada akhirnya? Jangan lewatkan tayangan Sinema Asia Ip Man di layar kaca Indosiar yang memang untuk Anda. Selamat menyaksikan.

7 komentar:

Ladida mengatakan...

di layar kaca Indosiar ?? maksudnya ??

hmm , saya juga belum nonton film bruce lee yg ini sob . , (T_T)

Media Semarang mengatakan...

wah ku juga selalu menantikan film ini. kerend filmnya

Entis Sutisna mengatakan...

wach pengen juga nonton ...
thx 4 share....
nice post....

shining star mengatakan...

wah,...siapa sey yg gak tahu bruce lie,..
tp aq cm tahu namanya aja sey :D

wahyudi mengatakan...

@all : mksih coment.a ya ...

abangrizky mengatakan...

nonton bareng yuk :D

RAVE67-GIGIH mengatakan...

weh... jadi penasaran...

Posting Komentar