Sabtu, 23 Oktober 2010

Mengetahui Pergerakan Pengunjung 2 Jam Terakhir

Seperti kita tahu Blogger meluncurkan fitur terbarunya, statistik, yang memberikan laporan lengkap mengenai perkembangan blog Anda (baca: Statistik, Menu baru di Draft Blogger). Meski masih di draft blogger dan belum resmi di masukkan ke blogger.com, ini tidak membuat kita menunda memanfaatkannya. Salah satu yang bisa kita lakukan dengan fitur ini, adalah kita bisa mengetahui pergerakan pengunjung 2 jam terakhir. Jadi alat ini termasuk hebat karena mengupdate data beberapa menit sekali.

1. Login ke draft.blogger.com
2. Pilih menu Statistik
3. Pilih overview kemudian pilih Now untuk melihat statistik 2 jam terakhir.


Mengamati Page View 2 Jam Terakhir
Di paling atas kita akan mendapatkan graffik pageviews permenit selama dua jam terakhir. Jadi ktia bisa tahu berap banyak tampilan halaman pada jam dan menit tertentu.

Pada laporan angka pageviews,
(Sebaiknya baca dulu, Pengertian PageView atau Tampilan Halaman)
Pageviews today menunjukkan banyaknya tampilan halaman pada hari ini. Angka menunjukkan data sementara hingga statistik dilihat dan terus bertambah sesuai kunjungan hingga akhir hari ini.
Pageviews Yeseterday menunjukkan banyaknya tampilan halamn pada hari yang lalu.
Pageview last montoh menunjukkan jumlah pageview satu bulan terakhir. Namun pengambilan data baru dilakukan mulai 1 Juli 2010. Begitupun untuk Pageviews all time history yang menunjukkan keseluruhan pageviews blog.

Postingan Paling Populer 2 Jam Terakhir
Untuk mengetahui postingan paling populer selama dua jam terakhir, silahkan anda beralih ke tab Posts dan jangan lupa pilih Now. Akan disajikan data berurutan dari paling atas adalah halaman yang paling banyak ditampilkan selama 2 jam terakhir.

Mengamati Sumber Kunjungan 2 Jam Terakhir
Berpindahlah ke tab Traffic Sources dan jangan lupa pilih Now.
Pada bagian Reffering URLs menunjukkan sumber kunjungan Anda detail dari suatu alamat tertentu.
Sementara pada bagian Reffering Sites menunjukkan sumber kunjungan dari situs tertentu. Ini adalah pengelompokkan dari reffering URLs


Mengamati Keyword Sumber Kunjungan 2 Jam Terakhir
Masih pada bagian Traffic Sources beralihlah hingga paling bawah, maka Anda akan mendapatkan keyword keyword yang diketikkan orang sehingga nyasar di blog Anda.

Mengamati Negara Sumber Kunjungan 2 Jam Terakhir
Silahkan beralih ke tab Audience dan jangan lupa pilih Now. Anda akan mendapatkan laporan mengenai negara penyumbang pengunjung terbanyak selama 2 jam terakhir.

Browsers dan Operating System
Masih pada bagian  Audience Anda bahkan mendapatkan laporan mengenai browsers dan operating system yang paling banyak digunakan pengunjung Anda.
Saya cukup puas dengan beberapa laporan pada peluncuran pertamanya ini, tentu berharap statistik akan memberikan laporan yang lebih komplit kedepannya. Selamat malam dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar