Sabtu, 30 Oktober 2010

Makanan untuk Kulit Sehat

Sudah bukan rahasia lagi, untuk mendapatkan kulit yang sehat, selain perawatan dari luar, juga perlu perawatan dari dalam dengan konsumsi makanan berkhasiat. Para ahli menemukan, nutrien-nutrien dalam makanan tertentu berkhasiat untuk kulit.


UBI JALAR
Ubi jalar yang berwarna oranye bukan hanya indah di piring, tapi juga berkhasiat ajaib untuk kulit. Ubi jalar banyak mengandung beta karoten, sejenis antioksidan yang memberi warna pada sayuran berwarna kuning, merah dan oranye. Beta karoten mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari. 
Ukuran saji : 1 buah ubi jalar ukuran sedang.
Kalorl :17
Tip : Untuk mendapatkan lebih banyak serat, jangan kupas kulitnva.

IKAN KAKAP
Ikan tropis ini, seperti halnya salmon, juga kaya lemak anti-inflammatory, ditambah dengan zat yang berkhasiat mempercantik kulit: mineral selenium. Selenium mampu menurunkan risiko terbakar sinar matahari dan meningkatkan warna kulit yang merata.
Ukuran saji : 3 - 4 ons
Kalori : sekitar 110
Tip : Panggang ikan kakap dengan sedikit minyak zaitun dengan taburan irisan almon di atasnya. 

SALMON
Dapatkan kulit halus bersinar dengan makan salmon, ikan yang paling kaya asam lemak omega-3. Lemak sehat ini memberi nutrisi pada kulit dengan mengurangi produksi senyawa-senyawa inflammatory tubuh, menurunkan penyumbatan pori, dan mencegah garis-garis halus dan kerut.
Ukuran saji: 3-4 ons
Kalori: sekitar 110
Tip: Beli fillet ekstra dan bekukan. Punya persediaan salmon termasuk cara terbaik untuk memberikan nutrisi kepada kulit.

KIWI
Baik untuk kulit kenyal. Mengandung lebih banyak vitamin C per ons dibanding dengan hampir semua buah lainnya. Vitamin C membantu mempertahankan kolagen di dalam kulit, menjaga kulit tetap kencang. Tapi nutrien ini cepat menguap lewat paparan udara, air, atau panas. Kiwi pilihan baik karena mengunci vitamin ini di bawah kulitnya yang berbulu.
Ukuran saji : 1 buah ukuran sedang
Kalorl :46
Tip : Cara mudah makan kiwi, potong kiwi melintang. Korek isinya keluar dengan sendok.

KALKUN
Pilih kalkun untuk makan siang ketimbang daging lainnya karena mengandung banyak zinc. Mineral ini mempertahankan kolagen dan serat-serat elastin yang menjaga eiastisitas dan kekencangan - kulit. Pilihan tersehat adalah yang dipanggang atau diasap. Kalkun yang dibumbui dengan madu atau turkey pastrami, mengandung tambahan gula dan garam.
Ukuran saji 3 - 4 ons
Kalori: sekitar 120
Tip : Tambahkan kalkun dan daun bayam yang juga kaya zinc pada sandwich.

BIJl BUNGA MATAHARI
Ukuran saji : 2 sendok makan
Kalori: 324
Tip: Campur biji bunga matahari yang tidak diasinkan dengan kismis untuk snack.

AIR PUTIH DAN TEH
Minum 8 - 10 gelas air per hari. Tubuh kita 70 - 80% terdiri dari air. Jika kurang minum, sel-sel tak bisa regenerasi dan mengeluarkan sampah, mengakibatkan timbunan kotoran. Boleh tambahkan teh hijau atau teh hitam. Minuman ini mengandung antioksidan dan phytonutrien (sejenis senyawa sehat dari tumbuhan) yang memerangi jerawat.
Ukuran saji : 1 cup
Kalori : 2
Tip: Hindari mengencerkan teh dengan es batu. Isi cetakan es batu dengan teh. Bekukan. Tambahkan beberapa buah es batu ke dalam teh sebelum diminum.
 

0 komentar:

Posting Komentar