Sabtu, 23 Oktober 2010

Link Otomatis Pada Kata Tertentu, Baik atau Buruk?

Pembuatan link otomatis pada kata tertentu, saya jumpai pertama kali di wordpress. Tapi ternyata bisa juga diterapkan di blogspot. Di artikel Blog Juragan bernama SEO Smart Link (Silahkan baca: Pasang SEO Smart Link Untuk Blogger/Blogspot). Pemberian link otomatis ini dinilai bisa meningkatkan kinerja SEO. Benarkah? Ada beberapa pandangan dan tips di bawah ini...

Pemasangan Link Otomatis Pada Kata Tertentu
Untuk memasangnya sangat mudah. Silahkan buka: Script Smart Link,dan copy semua kode tersebut, kemudian letakkan di atas </body>

Pengaturan:
Berikut adalah penggalan akhir script smart link, ada beberapa bagian yang harus Anda rubah.
</script>
<script type='text/javascript'>
var f = new autoLink();
f.add(&quot;SEO&quot;, &quot;http://blogjuragan.blogspot.com/&quot;);
f.startScript();
</script></b:if>

- Kata SEO ganti dengan kata tertentu yang akan diberi link otomatis. Pada saat saya coba script ini tidak case sensitive. Artinya kata SEO, sEO, seO, SEo, seo atau kombinasi huruf kapital dan tidak tetap dianggap sama dan otomatis akan dirubah sesuai dengan kata yang kita masukkan ke script.
- Pada bagian yang berwarna merah kedua, silahkan ganti dengan alamat link yang Anda inginkan.
- Kata tertentu yang kita tentukan, jika bertindak sebagai kata pertama pada postingan, tidak akan diberi link otomatis.

Effect...
Setelah Anda memasang script tersebut pada template Anda, maka setiap kata tertentu pada blog Anda (misalnya pada script di atas adalah kata: SEO) maka akan otomatis menjadi link ke alamat yang telah Anda tentukan juga.

Mengapa Anda Ingin Menggunakan?
Tentu ini sangat mudah karena semua kata tertentu bisa menjadi link yang Anda inginkan tanpa mengeditnya satu persatu. Ini akan memperkuat keyword density link kata tersebut (baca: Optimalkan Keyword Density)

Mengapa Anda Tidak Ingin Menggunakan?
Meski beberapa orang beranggapan ini baik untuk SEO, saya pribadi memilih tidak menggunakannya. Untuk mengejar keyword density link, saya memilih memberikan link pada kata tertentu secara manual sesuai kebutuhan. Penggunaan script di atas juga dapat mengganggu karena membatasi kita saat menulis postingan. Agar tidak terlalu banyak link pada postingan, maka Anda harus meminimalisir kata tertentu yang telah dipilih. Misalnya saja Anda menentukan kata SEO yang diberi effect link otomatis. Ini berarti saat Anda posting, Anda dituntut untuk tidak menggunakan banyak kata SEO. Penggunaan kata SEO yang terlalu banyak, dan otomatis mengarah ke suatu tujuan (link) tidak baik karena mengarah ke spam, apalagi dengan banyak anchor yang sama (sebaiknya baca juga: Anjuran Google Untuk Banyak Link Tiap Halaman)

Berbahaya juga ketika Anda dikemudian hari kehilangan script ini, entah sengaja atau tidak. Semua kata SEO akan mengarah ke link tertentu. Tentu jika postingan kita banyak, maka ini akan berjumlah sangat besar. Jika tiba-tiba script itu dicopot? Terjadi hilang link secara besar-besaran juga.

Jika Anda Tetap Memasangnya
Jika Anda tertarik dan tetap ingin memasangnya, saya mempunyai beberapa tips untuk Anda.
- Tentukan hanya satu kata saja yang diberi effect otomatis ini.
- Jangan memilih untuk kata yang sering muncul.
- Saat Anda posting, cek ulang jumlah kata tersebut dan pastikan tidak terlalu banyak.. Usahakan lebih kecil dari 10.
- Menurut saya ini lebih cocok untuk blog-blog dummies Anda dengan mengarahkan smart link ke blog utama.

Ini memang sangat menarik, apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak? Itu pilihan Anda. Selamat pagi dan semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar